Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Exploring the World Cultural Competence in Montessori: Strategies for Engaging Cultural Studies.

By admin_fip | 1:00 PM WIB, Tue April 30, 2024

Yogyakarta, 30 April 2024 - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) hari ini menggelar kegiatan kuliah umum yang menggugah pikiran dengan tema "Exploring the World Cultural Competence in Montessori: Strategies for Engaging Cultural Studies". Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Abdullah Sigit FIPP UNY ini merupakan kolaborasi dengan Montessori Haus Asia, menampilkan Rosalynn Tamara, S.Sn., Diploma Montessori, sebagai narasumber utama.

Menurut Rosalynn Tamara, pendekatan Montessori dalam pendidikan anak menekankan pentingnya lingkungan yang merangsang dan mendukung pertumbuhan holistik. "Tugas guru bukanlah memberi instruksi langsung, tetapi menciptakan lingkungan yang memfasilitasi anak-anak untuk belajar mandiri," ungkapnya. Lebih lanjut, ia menyoroti perlunya pemahaman mendalam tentang perkembangan dan psikologi anak untuk menyesuaikan kegiatan pembelajaran, "ungkapnya".

"Pendidikan Montessori tidak hanya tentang akademik, tetapi juga inklusif," tambahnya. "Anak-anak diajarkan untuk menghargai dan berinteraksi dengan keberagaman budaya dan kepercayaan, "ujarnya.

Dalam sesi tersebut, Rosalynn Tamara menekankan bahwa lingkungan "spesial" dalam metode Montessori harus memahami dan mendukung kebutuhan anak, bukan keinginan mereka. Guru-guru diharapkan memiliki pemahaman yang mendalam tentang tahapan perkembangan anak, terutama di bawah usia tiga tahun, di mana interaksi dengan objek nyata sangat penting.

Dr. Ika Budi Maryatun, M.Pd, seorang dosen dari Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FIPP UNY, selaku moderator, menekankan pentingnya kompetensi budaya dalam pendidikan. "Melalui pendekatan yang responsif secara budaya, pendidikan diharapkan tidak hanya akademis, tetapi juga mendidik anak-anak untuk mengembangkan kesadaran kritis dan kemampuan berinteraksi dalam keragaman," katanya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa PAUD FIPP UNY serta beberapa pihak dari institusi lain yang tertarik dengan dunia Montessori.

Kuliah umum ini tidak hanya memberikan wawasan yang berharga tetapi juga memperkuat komitmen Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY untuk terus mengembangkan pendidikan yang inklusif dan berorientasi pada kebutuhan anak-anak masa kini. (rit)

KERJASAMA

Berita

  • Perjalanan Epik: Tim PPK Ormawa Reality Siap bersaing di Abdidaya 2023
    11/03/2023 - 13:35
  • Akreditasi Program S2 Kebijakan Pendidikan FIPP UNY, Langkah Menuju Keunggulan Akademik
    12/23/2024 - 18:07
  • Academic Collaboration Visit to The Faculty of Education, Universiti Malaya
    05/11/2023 - 11:26
  • Mata Kuliah Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan sebagai Salah Satu Pencapaian Indikator SDGs
    09/30/2023 - 10:42
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47
  • Penjajagan Kerjasama FIPP UNY dengan Director of Adult Continuing Education and an academic in the School of Government & Politics at University College Cork, Ireland
    11/21/2023 - 16:10
  • Kepedulian Sosial UNY: Bakti Sosial di Panti Asuhan Al-Barokah untuk Generasi Unggul dan Berdaya Saing
    08/12/2024 - 12:51
  • Peran Mata Kuliah Cybergogy and Heutagogy Untuk Memahami Transformasi Pendidikan Menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)
    10/02/2023 - 08:28
  • Workshop Optimalisasi Sister bagi Dosen FIPP UNY
    03/29/2023 - 07:50
  • Workshop Penyusunan Program Kerja FIPP UNY 2024: Meningkatkan Kualitas Layanan dan Pengembangan SDM
    01/24/2024 - 14:00

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY