Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Mengatasi Stress dan Burnout: Strategi Mengembangkan Kesejahteraan Psikologis

By admin_fip | 10:30 AM WIB, Mon October 02, 2023

Isu kesehatan mental masih menjadi isu menarik dalam sepanjang rentang kajian tentang kesejahteraan psikologis. Pada DSM-5-TR disebutkan bahwa stres dan burnout telah menjadi isu yang semakin mendesak dalam masyarakat modern. Namun, dalam konteks pendidikan tinggi, mata kuliah Psikologi Abnormal dapat memberikan pemahaman mendalam tentang masalah ini dan berperan dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 3, yaitu "Kesehatan dan Kesejahteraan Bagi Semua."

Stres dan burnout adalah dua masalah kesehatan mental yang sering kali disebabkan oleh tekanan yang berlebihan, baik dari pekerjaan, pendidikan, atau kehidupan sehari-hari. Mata kuliah Psikologi Abnormal membantu mahasiswa memahami dasar-dasar gangguan mental, termasuk bagaimana stres kronis dan tingkat kelelahan yang tinggi dapat berkontribusi terhadap perkembangan gangguan seperti depresi dan kecemasan.

Dalam matakuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang faktor-faktor yang dapat memicu stres dan burnout, termasuk tekanan sosial, ekonomi, dan psikologis. Mereka juga belajar tentang dampak jangka panjang dari stres kronis pada kesejahteraan fisik dan mental. Pengetahuan ini sangat penting dalam membantu individu mengidentifikasi, mencegah, dan mengatasi masalah ini dalam kehidupan mereka sendiri dan dalam masyarakat.

Selain pemahaman teoritis, mata kuliah Psikologi Abnormal juga memberikan peluang praktis bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dalam mengelola stres dan menghindari burnout. Mereka belajar strategi koping yang efektif, termasuk relaksasi, manajemen waktu, dan cara menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Selama perkuliahan, mahasiswa juga mendiskusikan bagaimana masalah stres dan burnout berdampak pada pencapaian SDGs nomor 3. Kesejahteraan mental yang buruk dapat menghambat seseorang untuk mencapai potensinya dan berkontribusi pada masyarakat. Oleh karena itu, pemahaman tentang masalah ini dapat membantu mahasiswa menjadi agen perubahan yang mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan bagi semua orang.

Dalam kuliah dosen tamu Dr. Mohd Ahsani A. Malek dari Universiti Sultan Azlan Shah Malaysia, menyampaikan bahwa kesehatan mental adalah aspek yang sangat penting dari kesejahteraan umum. Dengan memahami stres dan burnout, mahasiswa dapat berkontribusi pada pencapaian SDGs 3 dengan membantu individu dan masyarakat untuk hidup lebih sehat secara mental."

Dalam era di mana tantangan stres dan burnout semakin merajalela, mata kuliah Psikologi Abnormal berfungsi sebagai wahana pendidikan yang sangat penting untuk memahami, mencegah, dan mengatasi masalah ini. Dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa, pendidikan tinggi dapat memainkan peran kunci dalam mencapai SDGs 3 dan memajukan kesejahteraan bagi semua.

SDGs #13 CLIMATE ACTION

Berita

  • Dosen Departemen PSD Laksanakan Pengabdian Masyarakat Bertema Optimalisasi Penggunaan Teknologi Kekinian dan Pembelajaran Bermakna di Sekolah Dasar
    05/05/2025 - 13:50
  • Tim PLB UNY mendukung Konferensi Akomodasi dan Akesibilitas melalui Pemanfaatan Teknologi Asistif Anak Tunanetra
    10/02/2023 - 15:33
  • Dies Natalis FIP 57, Imun Menuju Peradaban Baru
    09/13/2021 - 10:51
  • Coaching Clinic Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Bagi Mahasiswa S2 PLB Kerja Sama FIP UNY dan Pemkab Kutai Timur
    08/26/2025 - 10:05
  • Transforming Educational Landscape in South Asia After Covid-19
    09/13/2022 - 10:12
  • Seminar Antar Bangsa pada mata kuliah Pancasila
    10/02/2023 - 09:01
  • Benchamarking Senat Akademik FIP UNESA ke Senat Akademik FIPP UNY
    06/04/2024 - 12:36
  • Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education
    03/21/2023 - 15:00
  • Perkuat Tata Kelola Akademik, STAI Putra Galuh Ciamis Lakukan Studi Banding ke FIP UNY
    07/09/2025 - 14:21
  • Membangun Keluarga Berdaya: UNY Luncurkan Pelatihan untuk Generasi Unggul di Bantul
    08/12/2024 - 13:15

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY