Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Kompetensi Konseling Multikultural Bagi Konselor Sebagai Pencapaian Indikator SDGs

By admin_fip | 10:32 AM WIB, Mon October 02, 2023

Perkembangan masyarakat yang semakin metropolis, mobilitas penduduk semakin tinggi, etnis semakin bertambah dan memiliki keanekaragaman yang kompleks memberikan pengaruh pada berbagai profesi. Salah satu profesi yang memberikan layanan pada perkemabangan masyakarat adalah profesi konselor. Menghadapai perkembangan masyarakat yang demikian cepat berubah dengan berbagai keragaman keragaman suku, budaya, ras, bahasa daerah, dan agama serta berbagai dinamikanya mengharuskan konselor untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan layanan. Salah satu kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh seorang konselor yaitu kompetensi konseling multikultural. Sehingga dengan komptensi konseling multicultural diharapkan dapat membantu konselor dalam menyadari pentingnya memahami perbedaan kebudayaan. Kompetensi konseling multikultural memiliki keterkaitan dengan matakuliah konseling multicultural. Matakuliah konseling multicultural bertujuan untuk menyajikan kemampuaan telaah secara multidisipliner untuk memberi pelayanan konseling yang berbasis budaya, berhubungan dengan kajian-kajian budaya, psikologi lintas budaya dan tema-tema sentral dalam konseling multikultural, kepekaan-kepekaan (sensitivitas) budaya, bias-bias (basis) budaya, hubungan antara konselor dan konseli dalam konseling multicultural. Matakuliah ini diharapakan dapat membantu memahami konsep bimbingan dan konseling multikultural dan implikasi perbedaan individual.

Matakuliah konseling multikultural ini penting untuk membantu konselor dalam mengidentifikasi tema-tema sentral, menganalisis bias budaya dan pengembangan kompetensi konseling multikultural, tetapi juga dalam konteks pencapaian Indikator SDGs. Salah satu indikator yang dapat dicapai adalah kesetaraan gender. Kesetaraan gender (Gender Equality) merupakan indicator SDGs ke lima. Berbicara tentang kesetaraan gender bukanlah berbicara tentang persaingan antara laki-laki dan perempuan, bukan juga tentang pengalihtanganan tugas dan peranan, tetapi bagaimana seorang tidak ada diskriminasi secara gender. Untuk mewujudkan kesetaraan gender perlu adanya peran konselor dalam meberikan layanan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan kesetaraan gender. Seperti layanan konseling multikultural yang di dalamnya mengkaji tidak hanya pada keberagaman individu, tetapi juga perbedaan budaya yang disandang antara konselor dengan konseli. Oleh karena itu, penting bagi konselor untuk memiliki kompetensi konseling multikultural sehingga ketika berhadapan langsung dengan konseli yang berbeda secara budaya konselor sudah sangat siap. Kompetensi konseling multikultural yang dimiliki oleh konselor dapat memabntu konselor untuk memiliki kesadaran akan perbedaan budaya atau kebiasaan, memiliki pengetahuan yang luas tentang multikultural dan kesetaraan gender.

Pada kegiatan workshop bertajuk “Konseling Multikultural” dengan pemateri Bapak Dr. Suwarjo, M. Si., Beliau menyampaikan konteks diskusi terkait pentingnya memiliki kepekaan terhadap latar belakang budaya konseli. Beliau menekankan bahwa suatu kata atau tingkah laku tertentu dari seseorang bisa diterima secara berbeda oleh orang lain. Sehingga konselor dituntut untuk memiliki kompetensi konseling multikultural dalam proses konseling terutama kepada konseli dalam ruang lingkup budaya. Kompetensi konseling multikultural akan membantu konselor untuk lebih menghargai perbedaan dan keragaman nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, menyadari adanya bias-bias dan kesadaran akan kesetaraan gender.

SDGs #5 GENDER EQUALITY

Berita

  • Dosen Departemen PSD Laksanakan Pengabdian Masyarakat Bertema Optimalisasi Penggunaan Teknologi Kekinian dan Pembelajaran Bermakna di Sekolah Dasar
    05/05/2025 - 13:50
  • Tim PLB UNY mendukung Konferensi Akomodasi dan Akesibilitas melalui Pemanfaatan Teknologi Asistif Anak Tunanetra
    10/02/2023 - 15:33
  • Dies Natalis FIP 57, Imun Menuju Peradaban Baru
    09/13/2021 - 10:51
  • Coaching Clinic Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Bagi Mahasiswa S2 PLB Kerja Sama FIP UNY dan Pemkab Kutai Timur
    08/26/2025 - 10:05
  • Transforming Educational Landscape in South Asia After Covid-19
    09/13/2022 - 10:12
  • Seminar Antar Bangsa pada mata kuliah Pancasila
    10/02/2023 - 09:01
  • Benchamarking Senat Akademik FIP UNESA ke Senat Akademik FIPP UNY
    06/04/2024 - 12:36
  • Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education
    03/21/2023 - 15:00
  • Perkuat Tata Kelola Akademik, STAI Putra Galuh Ciamis Lakukan Studi Banding ke FIP UNY
    07/09/2025 - 14:21
  • Membangun Keluarga Berdaya: UNY Luncurkan Pelatihan untuk Generasi Unggul di Bantul
    08/12/2024 - 13:15

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY