Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas Melalui Pendidikan Inklusi

By admin_fip | 10:50 AM WIB, Mon October 02, 2023

Secara rata-rata, angka lama bersekolah anak di Indonesia adalah 8,75 tahun. Namun, angka ini turun ke 4,73 tahun untuk anak dengan disabilitas. Menurut United Nations Children’s Fund Tahun 2020 hanya 56% anak dengan disabilitas yang menamatkan pendidikan dasar, jauh di bawah rata-rata nasional sebesar 95%. Sebagian besar orangtua tidak mau menyekolahkan anaknya karena beberapa alasan diantaranya kurangnya biaya, jauhnya akses ke sekolah luar biasa dan adanya penolakan dari sekolah umum karena adanya hambatan pada anak.

Pendidikan adalah hak asasi manusia yang mendasar. Namun, berbagai faktor yang sering bersinggungan termasuk gender, kemiskinan, disabilitas, bahasa dan etnis menciptakan hambatan yang mencegah jutaan anak mengakses dan menyelesaikan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan dalam sebuah sistem yang inklusif dimana semua anak, terlepas dari kemampuan fisik, intelektual, sosial, emosional atau bahasa, belajar dan berpartisipasi secara setara dan efektif, aman dan bebas dari bias gender.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2007 tujuan dari adanya pendidikan inklusif adalah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, dan sosial, atau memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya, serta untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang menghargai keanekaragaman, dan tidak diskriminatif bagi semua anak.

Pelaksanaan pendidikan Pendidikan inklusi di Indonesia dapat menguntungkan anak berkebutuhan khusus, keluarga, dan komunitas. Perhatian internasional pada pendidikan inklusif telah berkembang untuk memantapkan dirinya dalam kebijakan, praktik dan sebagai bidang penelitian pendidikan yang berkembang di seluruh negara. Adanya metode pengajaran yang mengharuskan pendidik untuk mengambil tanggung jawab terhadap semua peserta didik dengan menyediakan berbagai pilihan layanan pembelajaran bagi setiap setiap anak baik pada jenjang Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi.

Penulis: Veroyunita Umar

SDGS #4 QUALITY EDUCATION
SDGs #10 REDUCED INEQUALITIES

Berita

  • Workshop Pengisian IKU Pemeringkatan Mahasiswa FIP UNY 2022
    03/21/2022 - 08:27
  • Program Kerja Sama FIPP UNY dan SD Muhammadiyah Sapen Tingkatkan Kompetensi Guru
    02/04/2025 - 09:59
  • FGD Refleksi Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Kerjasama Ditjen Pendidikan Vokasi Dengan FIPP UNY Di Sungai Hulu Tengah, Kalimantan Selatan
    10/11/2023 - 10:42
  • Kunjungan Studi dari Prodi S1 BK FIP UPI ke BK FIPP UNY Mendukung Kerjasama Bidang Kesehatan Mental
    12/06/2023 - 10:15
  • FIPP UNY Raih Peringkat II DRPM Award 2023
    05/16/2023 - 14:10
  • Srawung Pendidikan #4: Mewujudkan Pendidikan Berkeadilan di Sekolah Dasar
    02/26/2025 - 17:21
  • Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi Melakukan Kunjungan Ke Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta
    02/17/2023 - 14:53
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47
  • Pesan Dekan FIPP untuk Peserta Yudisium Periode Januari 2023
    02/02/2023 - 12:52
  • Program Edukasi Pola Asuh dan Konflik Keluarga bersama Ibu-Ibu Melalui Home Visit Di Padukuhan Pingitan dan Jitar, Moyudan, Yogyakarta
    10/02/2023 - 13:21

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY