Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Inspirasi dari Ruang Ujian: Rhoudhotun Fadhillah Buktikan Keterbatasan Bukan Halangan

By admin_fip | 8:12 PM WIB, Fri December 27, 2024

Yogyakarta, 27 Desember 2024 – Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menunjukkan komitmennya terhadap pendidikan inklusif dengan melaksanakan ujian skripsi mahasiswi penyandang disabilitas hambatan pendengaran. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 27 Desember 2024, di Ruang Ujian 1 FIPP UNY.

Rhoudhotun Fadhillah, mahasiswi Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB), dengan percaya diri mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul:
"Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Media Wordwall bagi Peserta Didik Hambatan Pendengaran Jenjang SMP di SLB Wiyata Dharma IV Godean".

Proses ujian berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 09.50 WIB, dihadiri oleh tim penguji yang terdiri dari:

  • Prof. Dr. Hermanto, M.Pd. (Ketua Penguji)
  • Rendy Roos Handoyo, M.Pd. (Sekretaris Penguji)
  • Dr. Bayu Pamungkas, M.Pd. (Penguji Utama)

Dalam paparannya, Rhoudhotun menyampaikan bahwa penggunaan media Wordwall dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan membaca peserta didik hambatan pendengaran di tingkat SMP. Penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan, tetapi juga menjadi wujud nyata keberpihakannya terhadap peserta didik dengan kebutuhan khusus.

Kegiatan ini menunjukkan keseriusan FIPP UNY dalam mendukung mahasiswa berkebutuhan khusus untuk tetap memiliki akses pendidikan yang setara dan adil. Dekan FIPP menekankan pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, di mana setiap individu, tanpa memandang keterbatasan, memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang. "Rhoudhotun telah membuktikan bahwa keterbatasan bukanlah halangan untuk berprestasi. Kami bangga dengan pencapaiannya dan terus mendukung pendidikan inklusif yang berkeadilan".

Semangat inklusi yang ditunjukkan oleh FIPP UNY ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk semakin memperkuat dukungan terhadap mahasiswa-mahasiswi berkebutuhan khusus, sehingga pendidikan yang adil dan inklusif dapat benar-benar terwujud.

Selamat kepada Rhoudhotun Fadhillah atas pencapaiannya, dan semoga karya yang telah dihasilkan memberikan manfaat luas bagi dunia pendidikan!

Berita

  • Kompetensi Kunci Sustainable Development di Pendidikan Tinggi: Refleksi Kritis Mata Kuliah Filosofi, Teori, dan Konsep IPS SD
    10/02/2023 - 11:42
  • Kontribusi Perkuliahan Pendidikan komparatif dalam Mewujudkan Program SDG’S
    10/02/2023 - 08:54
  • Outing Class Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Bersama Prof Ruyu dari NCYU Bertemakan Ecopedagogy
    10/02/2023 - 11:32
  • Peningkatan Kepemimpinan Instruksional Melalui Pelatihan Coaching Bagi Kepala Sekolah Dasar
    09/30/2023 - 16:07
  • Peran Mata Kuliah Psikologi Komunitas dalam Mendorong Pencapaian SDG’s
    10/02/2023 - 15:41
  • Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 08:42
  • Pertemuan Inspiratif di Kampus 3 FIP UNY, UNRAM Gali Inovasi Pengelolaan Sekolah
    07/31/2025 - 12:36
  • Terobosan Baru! UNY Luncurkan Program S2 Kebijakan Pendidikan Satu-Satunya di Indonesia
    12/24/2024 - 19:07
  • Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 08:37
  • Integrasi SDGs ke 16 “Peace, Justice and Strong Instution” pada Mata Kuliah Organisasi Pendidikan
    09/30/2023 - 09:33

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY