Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

PENGUKUHAN PROF. DR. HARUN, M.PD. SEBAGAI GURU BESAR BIDANG ILMU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

By admin_fip | 9:35 PM WIB, Sat December 12, 2020

Prof. Dr. Harun, M.Pd., hari ini Sabtu (12/12) di Auditorium UNY, dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Harun menyampaikan pidatonya yang berjudul “Asesmen Dinamis Pada Anak Usia Dini”.

Dalam pidatonya, Harun mengatakan sebagai latar belakang pidato pengukuhan mengatakan, “Manusia yang dilahirkan merupakan proses sunnatullah yang telah terjadi secara alamiah. Ia harus dijadikan manusia yang sesungguhnya, yang memiliki kecerdasan, kemandirian, kekreatifan, kebudayaan dan kemartabatan. Manusia sesungguhnya adalah makhluk yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, dan akhlak mulia serta berbudaya (UUSPN, 2003). Hal tersebut merupakan potensi yang dibawanya sejak lahir dan harus dikembangkan agar menjadi manusia yang sesungguhnya. Ketika manusia itu dilahirkan sekaligus dilengkapinya dengan potensi yang dapat dikembangkan oleh manusia itu sendiri, yaitu berupa pendengaran, penglihatan, dan akal pikiran sebagai alat untuk mendapatkan pengetahuan (Q.S. An-Nahl:78). Pengembangan potensi itu dilakukan melalui pendidikan dan latihan, baik pendidikan formal persekolahan, pendidikan non formal kelembagaan, maupun pendidikan informal di lingkungan keluarga dan masyarakat (UUSPN, 2003). Ketiga lembaga Lembaga tersebut, lembaga keluarga berperan sangat strategis dalam pengembangan manusia.”

Selanjutnya, laki-laki kelahiran Ciamis, 27 Juli 1956 ini mengurai, “Begitu pentingnya keluarga bagi anak, dia sangat ber- gantung kehidupannya kepada ibu dan ayah. Keluargalah yang memberi corak dalam melangkah dan menapaki kehidupan anak di dunia ini (Abdul Hafidz, 1999:35). Sebagai tempat pertama yang didiami dan dikenali oleh anak, segala bentuk dan apa saja yang datang dan tersemaikan di dalam dirinya adalah kehidupan keluarga. Segala sesuatu yang didengar, dilihat, dirasakan, dan ditiru oleh anak adalah apa yang terjadi dalam keluarga akan sangat mempengaruhi perkembangan mereka dalam kehidupan selanjutnya. Anak adalah amanah bagi orangtuanya, hatinya bersih, suci dan polos, anak akan selalu menerima apa yang diukirnya dan akan cenderung terhadap apa dan siapa saja yang mempengaruhinya.”

“Asesmen  dinamis (dynamic assessment) bagi anak usia dini, sering ditandai adanya interaksi guru dan peserta didik dengan tujuan untuk mengoptimalkan kinerja anak usia dini selama penilaian. Metode asesmen dinamis cenderung menekankan proses belajar daripada produk. Asesmen dinamis menghasilkan informasi mengenai kemampuan anak usia dini setelah memperoleh intervensi, intensitas intervensi yang diperlukan untuk memfasilitasi kompetensi anak usia dini, sifat dari proses yang menghambat kinerja yang lebih optimal, dan jenis intervensi yang menjanjikan peningkatan penguasaan anak usia dini tentang tugas yang diberikan, “jelas dosen bidang ilmu evaluasi, assesment, penelitian ini.

Dalam asesmen dinamis, Harun menyampaikan, “Pembelajaran dan penilaian harus disatukan menjadi satu kegiatan di mana berbagai bentuk dukung- an diberikan untuk mengungkapkan ruang lingkup kemampuan anak sekaligus membantu perkembangan mereka. Keuntungan asesmen dinamis adalah membuat rekomendasi berdasarkan potensi pengembangan yang tidak diungkapkan oleh non-dinamis. Dalam asesmen dinamis, potensi anak usia dini adalah ukuran yang dapat diandalkan untuk memprediksi kemungkinan pening- katan kemampuan di masa depan, yaitu, respon anak usia dini terhadap instruksi dilihat sebagai ukuran potensi. Tujuan penilaian dinamis pendidikan anak usia dini yaitu menjadi sarana untuk: (1) membuat klasifikasi pendidikan yang lebih akurat (misalnya ber- bakat atau cacat intelektual); (2) memberikan prediksi yang unggul tentang kinerja masa depan yang mungkin membantu dalam mengidentifikasi mereka yang akan memperoleh keuntungan maksimum dengan bantuan lebih lanjut, atau; dan (3) memberikan informasi rinci tentang individu anak dengan cara yang dapat membantu para pendidik memberikan intervensi yang disesuaikan secara individu yang cocok dengan kebutuhan khususnya.”

Pada bagian akhir, dosen yang pernah menjadi pengajar dan dosen tetap di FKIP UNTAN Pontianak ini mengatakan, “Asesmen dinamis anak usia dini tidak terlepas dari kurikulum pendidikan anak usia dini. Langkah-langkah prosedur penilaian dinamis berbasis kurikulum meliputi: memilih tugas kurikulum, melakukan proses analisis, mengembangkan tugas kurikulum post test dan pre test ditambah hasil analisis proses, mengelola pre test, dan melaksanakan intervensi.” (Sud)

Berita

  • Seminar PGSD, Peran Pendidikan Dasar untuk Kebangkitan Nasional : Ragam Perspektif Dalam Inovasi Era Digital
    06/07/2021 - 10:16
  • Kolaborasi UNY dan Dinas Pariwisata: Pelatihan Kepemanduan Live In di Kampung Emas Gunungkidul
    08/07/2025 - 15:44
  • Perlunya Mahasiswa Pendidikan Khusus Melek Kebijakan Pendidikan
    10/02/2023 - 11:01
  • Prioritas dan Starategi Program Bidang Kemahasiswaan dan Alumni 2022
    01/15/2022 - 18:04
  • Mata Kuliah Kesejahteraan Anak dan Remaja untuk Membangun Anak dan Remaja Indonesia yang Sejahtera
    10/02/2023 - 13:35
  • Penguatan Kompetensi Guru dalam Melakukan Identifikasi dan Asesmen Siswa dengan Hambatan Majemuk
    07/12/2024 - 10:11
  • Kuliah Tamu oleh Assoc. Prof. Jill Willis, Ph.D. dari Queensland University of Technology di UNY
    06/20/2024 - 08:20
  • STEM-TPACK Design-Based Learning in The Primary School
    02/12/2024 - 12:52
  • FIPP UNY: Coaching Clinic untuk Tingkatkan Kualitas Proposal Hibah Kompetisi DRTPM
    03/14/2024 - 13:16
  • Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa FIP 2022
    01/31/2022 - 08:09

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY