Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Seminar PGSD, Peran Pendidikan Dasar untuk Kebangkitan Nasional : Ragam Perspektif Dalam Inovasi Era Digital

By admin_fip | 10:16 AM WIB, Mon June 07, 2021

Prodi S1 PGSD dan Prodi S2 Pendidikan Dasar FIP UNY berkolaborasi menyelenggarakan Seminar Nasional Daring dengan Tema Peran Pendidikan Dasar untuk Kebangkitan Nasional : Ragam Perspektif Dalam Inovasi Era Digital, Rabu, 2 Juni 2021, dilaksanakan secara luring dan daring menggunakan Zoom Meeting dan Live Youtube FIP UNY Official Channel.

Tiga narasumber yaitu Bapak Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si. dari Univesitas Sebelas Maret, Ibu Dr. Zubaidah Amir MZ, M.Pd. UIN Suska Riau, dan Ibu Dr. Aprilia Tina Lidyasari,M.Pd., dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Dr. Idam menyampaikan materi terkait dengan Teknologi Pembelajaran dalam Inovasi di Era Digital. Mengawali paparanya, Dr Idam menjelaskan terkait dengan dampak revolusi industri 4.0 terkait dengan dunia pendidikan. “Untuk menghadapi perkembangan teknologi tersebut, ada skill yang harus dimiliki dalam pembelajaran abad 21, diantaranya 7 Cs (Critical Thinking and Doing, Crativity, Collaboration, Cross-cultural Understanding, Communication, Computing, Career & Learning Self Reliance), 3 Rs (Risk Taking, Reflectiveness, Resilience), 3 Ms (Made for Everyone, Meaningful, Motivation)", papar Idam.

Teknologi yang biasa digunakan dalam pembelajran saat ini whatsapp, zoom, google meet, Edmodo, google classroom. “Terkait dengan inovasi pada teknologi pembelajaran yang dapat dilakukan pertama mengimplementasikan model pemebelajaran inovatif dalam Learning Manajemen System (LMS), kedua, memodifikasi model pembelajaran selaras dengan perkembangan”, terangnya.

Pembelajaran adaptif yaitu proses pembelajaran dengan menyesuaikan kondisi, kebutuhan, dan lingkungan ssiswa sehingga terjadi penguasaan pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Proses adaptif dilakukan dengan mempertimbangkan dalam proses mendesain pembelajaran. Pembelajaran modifikatif adalah model pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran inovatif dan lebih menyenangkan.

Pemateri kedua oleh Ibu Dr. Zubaidah Amir MZ, M.Pd, dari UIN Suska Riau, terkait dengan Persepsi Guru dalam Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Ibu Ida, panggilan beliau, menerangkan bahwa guru sebagai pendidik zaman sekarang, di era teknlogi digital harus memiliki kemampuan dalam memahami karaktertistik peserta didik di era digital. Guru profesional berdasarkan UU RI No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, ada 4 kompetensi mengarah pada peningkatan kemampuan pemanfaatan teknologi.

“Penggunaan teknlogi era digital dalam proses pembelajaran dilakukan karena beberapa alasan, pertama tuntutan zaman perubahan era digital dan era pandemi yang mengharuskan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), kedua tantangan sebagai guru professional, memiliki wawasan, ketertarikan, kepeduliam, kepekaan, kesukaan, serta kemampuan dan ketrampilan dalam menggunakan teknologi digital dalam pembelajaran, ketiga kebutuhan dan karakteristik peserta didik generasi Z yang suka tantangan, terbuka akan perubahan, inovasi dan kreatifitas, keempat tuntutan life skill dan 4C (critical, creative, collaborative, communicative)”, jelas Ida.

Dr. Aprilia Tina Lidyasari, M.Pd., selaku pemateri ketiga memaparkan terkait dengan Perspektif Anak dan Orang Tua dalam Inovasi di Era Digital. Menurut Aprilia, inovasi di era digital bagi persepsi anak dan orang tua dapat memberikan berbagai kemudahan sakaligus memberikan berbagai tantangan.

“Bagi anak, media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran di di era digital ini mampu memperjelas urian materi yang disampaikan guru, juga menfasilitasi kebutuhan siswa akan belajar yang menantang, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Sumber belajar terbuka luas, bisa diakses lebih cepat, lebih efektif dan efisien, sistem pembelajaran yang saling terintegrasi, pengetahuan, karakter , digital seiiring dengan pembelajaran abad 21. Hal ini sesuai dengan prinsip – prinsip pembelajaran di SD." paparnya.

Sedangkan tantangan yang dihadapi anak, beberapa diantaranya yaitu, meski internet technology (IT) menyenangkan/fokus pada proses, sehingga kurang memperhatikan tujuan belajar, ingin segera mencapai tujuan sehingga dibuat praktis dan tentunya perlu arahan dari guru. Secara emosi cepat berubah, anak mudah bosan.

Persepsi orang tua dalam inovasi digital memberikan kemudahan bagi orang tua dalam mendampingi proses belajar anak. Orangtua memiliki pengalaman merasakan menjadi pendidik sekolah, orantua cepat memperoleh ilmu pengetahuan, sehingga bisa memberikan pendampingan belajar anak saat KBM. Sedangkan tantangan yang dihadapi orang tua secara umum tergantung pada tingkat ekonomi, kondisi geografis, kondisi sosial dan pendidikan keluarga.

Seminar nasional ini dimoderatori oleh Woro Sri Hastuti, M.Pd., Dosen PGSD FIP UNY. Peserta yang hadir 1.080 orang, terdiri dari guru - guru di seluruh Indonesia, mahasiswa S1 dan S2, serta dosen FIP UNY. Dokumentasi kegiatan seminar ini bisa diakses di link youtube https://www.youtube.com/watch?v=K3wq0fMlTQY&t=3727s .

Ketua Panitia, Dr. Yoppy Wahyu Purnomo, M.Pd. menjelaskan bahwa tema ini diambil karena moment kebangkitan nasional, hal ini relevan dengan kondisi saat ini, terkait dengan pandemi Covid-19. “Kami melihat perspektif tools/alat, perpektif anak dan orang tua, perspektif guru, bagaimana solusi dan inovasi era digital. Oleh karena itu kami mengundang 3 narasumber untuk memberikan perspektif kepada peserta seminar ini”, jelasnya.

Dekan, FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd. mengucapkan terima terimakasih kepada ketiga narasumber, atas kesediannya daalam memberikan materi seminar ini, kepada segenap panitia dan peserta seminar.

Sujarwo mengingatkan bahwa beberapa hari yang lalu ketika Gubernur DIY menjadi narasumber Pidato Ilmiah Upacara Peringatan Dies Natalis ke-57 Universitas Negeri Yogyakarta, Gubernur dalam pidatonya menyampaikan konsep Renaissance, bahwa pendidikan kita ini hendaknya dibangun dari keprajan, dari kampus , dan dari kampung.

“Artinya bahwa pendidikan di Jogja ini hendaknya memiliki kekhasan yang tidak boleh ditinggalkan. Pendidikan Dasar merupakan jenjang pendidikan yang sangat potensial dan sangat strategis di dalam mewariskan, dalam memelihara nilai-nilai demokrasi yang sangat tinggi meskipun gempuran teknologi yang begitu hebat setiap detik muncul aplikasi yang aplikasi baru kemudian muncul media-media baru. Namun saya mohon Bapak Ibu pengelola Dikdas ini tetap bertahan nilai-nilai edukasi tidak hanya bisa ditolong oleh teknologi namun yang lebih mendasar adalah teknologi hendaklah yang harus mendasarkan pada nilai-nilai demokrasi yang dikembangkan secara humanistis”, kata Sujarwo, saat membuka kegiatan Seminar Nasional ini. (rit)

Berita

  • Optimalisasi Resource Menuju SDGs: Pendekatan dan Aplikasi Matematika di Sekolah Dasar
    10/02/2023 - 11:40
  • Wakil Dekan RKSIU FIPP UNY Berikan motivasi Masuk Perguruan Tinggi kepada Siswa SMA MTA Surakarta
    12/13/2023 - 14:42
  • FIP UNY Ikut Meramaikan Forum Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP JIP) 2021
    11/11/2021 - 04:50
  • Pelatihan Guru tentang Social-Emotional Learning (SEL) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
    10/02/2023 - 10:55
  • Sosialisi HKI dan Hak Paten bagi Mahasiwa dan Dosen FIP UNY
    02/19/2022 - 09:59
  • Workshop Tinjauan Manajemen Hasil EMONEV Semester Gasal 2022/ 2023
    03/01/2023 - 08:58
  • FIPP UNY Gelar Rapat Koordinasi Fakultas: Bahas Strategi Pembelajaran Masa Depan
    02/04/2025 - 15:35
  • Asesmen Lapangan S1 Manajemen Pendidikan FIPP UNY
    03/10/2023 - 09:32
  • FIPP UNY Tingkatkan Kapasitas Tenaga Kependidikan, Menuju Layanan Prima dan Tata Kelola yang Baik
    10/10/2024 - 19:29
  • Benchmarking Universitas Bengkulu ke Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
    07/27/2022 - 13:58

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY