Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Peran Ilmu Pendidikan dalam Mewujudkan Kemandirian dan Kemerdekaan Belajar

By admin_fip | 9:47 AM WIB, Tue August 16, 2022

Ilmu pendidikan adalah ilmu yg berdiri sendiri yang mengkaji hakekat persoalan, bentuk-bentuk dan syarat-syarat pendidikan. Ilmu Pendidikan sebagai disiplin ilmu mempelajari fenomena pendidikan berdasarkan prinsip atau kaidah ilmiah sedangkan sebagai seni mendidik merupakan sekumpulan strategi model dan pendekatan mendidik secara efektif efisien. Syarat ilmu pendidikan pertama adalah obyek dan kedua adalah metode. Hal ini disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd dalam orasi ilmiah Dies Natalis Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, Senin (15/8) di Ruang Abdullah Sigit. Menurutnya ada beberapa aliran filsafat terkait pendidikan seperti naturalisme dimana perkembangan anak sepenuhnya ditentukan oleh pembawaan/heriditas dan atau bakat yang telah dibawa sejak lahir, empirisme dimana perkembangan anak ditentukan sepenuhnya oleh lingkungan/pendidikan serta konvergensi dimana perkembangan anak ditentukan baik oleh pembawaan/bakat maupun dari lingkungan. “Salah satu aliran filsafat Pendidikan adalah behaviorism” kata Yatim Riyanto. Aliran ini bersifat mekanistis, menekankan peranan lingkungan, mementingkan pembentukan reaksi atau respon, menekankan pentingnya latihan, mementingkan mekanisme belajar, mementingkan peranan kemampuan dan hasil belajar. Teori behaviorisme dalam pembelajaran adalah teori belajar yang lebih menekankan pada tingkah laku manusia. Memandang individu sebagai makhluk reaktif yang memberi respon terhadap lingkungan. Pengalaman akan membentuk perilaku mereka.

Dosen program studi Pendidikan luar sekolah Universitas Negeri Surabaya itu menyatakan ilmu pendidikan yang menekankan pada humanistik education memberikan peran penting dalam kemanidirian dan kemerdekaan belajar karena peserta didik sebagai individu yang memiliki potesi sehingga guru tinggal memfasilitasi pembelajaran karena pembelajaran berpusat pada peserta didik (student center). “Sebaiknya peserta didik diberikan kebebasan dalam memilih dan menentukan gaya belajarnya sendiri serta memilih strategi atau model dan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran dengan kesepakatan guru” katanya. Selain itu alangkah baiknya bisa peserta didik diberikan kesempatan untuk mengkreasi konten pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran sekaligus diberikan kebebasan untuk mengekspresikan hasil pembelajaran melalui presentasi. yang terpenting adalah peserta didik diberikan peluang untuk berkolaborasi dengan temannya dlm memecahkan masalah terkait dengan materi pembelajaran.

Pria kelahiran Blitar 10 November 1961 tersebut mengaitkan antara pendekatan andragogi, pedagogi dan longlife learning. Menurutnya longlife learning atau pembelajaran sepanjang hayat merupakan pendidikan informal bagi anak-anak dan dewasa. “Dunia anak adalah dunia bermain sedangkan orang dewasa menghadapi dunia real” katanya. Untuk itu pendekatan andragogi yaitu teori yang mengimplementasiakn psikologi orang dewasa dan teori pedagogi yang berupa implementasi psikologi perkembangan dalam mendidik anak, harus sejalan. Pedagogi ada di lingkungan sekolah, andragogi di lingkungan masyarakat dan longlife learning ada di lingkungan keluarga.

Dalam orasi bertema ‘Esensi Dan Peran Ilmu Pendidikan Dalam Mewujudkan Kemandirian Dan Kemerdekaan Belajar’ tersebut Yatim Riyanto membidik ilmu pendidikan yang berperan dalam kemandirian dan kemerdekaan belajar dengan sekumpulan strategi dan model pembelajaran strategi pembelajaran. Sebagai contohnya yaitu saat pembelajaran konvensional tatap muka digantikan dengan ubiquitous learning, blended learning, mobile learning dan pembelajaran jarak jauh. “Munculnya pembelajaran berbasis web akan menurunkan biaya dan hambatan untuk pendidikan yang baik dan meningkatkan standar hidup di seluruh dunia” tegasnya. Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai strategi pembelajaran. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Dari model strategi pembelajaran itu dapat merefleksikan pendidikan sebagai wahana menanamkan keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yme, transmisi dan pelestarian kebudayaan, pengembangan kepribadian, pengembangan warganegara yang bertanggungjawab, uaha mempersiapkan pekerja terampil dan produktif sekaligus pengembangan nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, bangsa dan negara. pendidikan juga sebagai pengembangan inovasi dalam menghadapi era teknologi dan modernisasi/era disrupsi 4.0. (Sudar)

Kemandirian Belajar
Dies Natalis ke-72 FIP UNY

Berita

  • "Akreditasi Berkualitas: Prodi S2 PLB FIP UNY Tunjukkan Kesiapan Hadapi Asesmen LAMDIK"
    06/16/2025 - 13:44
  • “Manajemen Strategik dan Pendidikan Berkualitas: Memahami Keterkaitan Kunci untuk Mewujudkan SDGs”
    09/30/2023 - 09:19
  • Pengembangan Model Kepemimpinan Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Student Well Being di Kabupaten Klaten
    10/16/2023 - 10:55
  • Kampus Ramah Pelajar: FIP UNY Terima Kunjungan Edukatif dari SMA 1 Metro
    07/02/2025 - 13:56
  • Penarikan Mahasiswa Program Kampus Merdeka Kuliah di Lapangan
    10/02/2023 - 11:23
  • STEM-TPACK Design-Based Learning in The Primary School
    02/12/2024 - 12:52
  • FIP UNY dan FKIP UNS Jalin Kolaborasi Penguatan Nilai Etika di Kampus
    07/22/2025 - 08:55
  • Sosialisasi HKI untuk Dosen dan Mahasiswa FIPP UNY
    05/31/2023 - 10:25
  • Penelitian Pengaruh Dukungan Teman terhadap Resiliensi dan Growth Mindset Menunjang Realisasi SGD’s di Kampus
    10/02/2023 - 11:18
  • Mata Kuliah Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan sebagai Salah Satu Pencapaian Indikator SDGs
    09/30/2023 - 10:14

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY