Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Pemanfaatan Big Data untuk Optimalisasi Asesmen Pembelajaran, UNY Dorong Transformasi Manajemen Pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan

By admin_fip | 2:07 PM WIB, Tue October 28, 2025

Sleman (23/10/2025) — Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Departemen Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar kegiatan bertajuk “Pemanfaatan Big Data dalam Optimalisasi Asesmen Pembelajaran pada Manajemen Pendidikan Modern” di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan, Kabupaten Sleman, pada 22–24 Oktober 2025.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber ahli di bidang pendidikan dan teknologi, dengan peserta para guru dari SMP Muhammadiyah 1 Seyegan dan SMP Muhammadiyah 1 Tempel.  Program  ini  merupakan  bagian  dari  pelaksanaan  Program  Hibah  BIMA Skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat yang diketuali oleh Dr. Endang Sri Budi Herawati, S.E., M.Pd yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas guru dalam menghadapi tantangan pendidikan modern. 

Kegiatan ini terdiri dari rangkaian penyampian materi yang terdiri dari empat sesi. Dr. Priadi Surya, S.Pd., M.Pd., M.Phil. membuka sesi pertama dengan materi “Manajemen Kelas dalam Implementasi Pembelajaran Mendalam.” Ia menekankan pentingnya bagaimana cara untuk menciptakan lingkungan belajar yang mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis dan reflektif. Dilanjutkan oleh Zaenal Mustofa, M.Kom., yang membahas “Manajemen Big Data dan Pengelolaan Website Sekolah.” Beliau menegaskan bahwa data bukan sekadar angka, melainkan sumber informasi penting yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan strategis dalam pengelolaan pendidikan. Materi ketiga disampaikan oleh Dr. Heri Supriyana, M.Pd., melalui topik “Pemanfaatan Teknik Coaching dalam Implementasi Pembelajaran Mendalam.” Ia memperkenalkan pendekatan coaching sebagai strategi pembimbingan yang berorientasi pada potensi dan refleksi diri peserta didik.Sebagai penutup, Dr. Endang Sri Budi Herawati, S.E., M.Pd., selaku ketua tim PkM, memandu sesi “Penyusunan Perangkat Pembelajaran dalam Implementasi Pembelajaran Mendalam.” Materi ini memberikan panduan praktis bagi guru dalam menyusun perangkat ajar yang relevan dengan pendidikan saat ini.

Pada hari ketiga, para peserta berkesempatan untuk mempraktikkan secara langsung hasil pembelajaran mereka. Setiap kelompok guru menyusun rancangan pembelajaran berbasis big data dan pembelajaran mendalam, kemudian mempresentasikan hasil kerja mereka di hadapan narasumber dan tim PkM UNY. Presentasi ini menjadi ajang bagi guru untuk menampilkan kreativitas dan refleksi mereka selama mengikuti pelatihan. Tim PkM memberikan umpan balik langsung berupa apresiasi, saran pengembangan, dan evaluasi yang membangun. Selain itu, para peserta juga berhasil menyelesaikan tugas mandiri yang diberikan di setiap sesi, menunjukkan kesungguhan mereka dalam menguasai materi yang disampaikan.

“Antusiasme peserta luar biasa. Mereka tidak hanya mendengarkan, tetapi benar-benar mencoba menerapkan. Ini yang membuat kegiatan seperti ini bernilai: ada proses belajar yang hidup,” ungkap Dr. Endang seusai kegiatan.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari pihak sekolah mitra.Rochmadi, S.Sos.I, Kepala SMP Muhammadiyah 1 Seyegan, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini.

“Saya sangat berterima kasih, dan berharap kolaborasi dapat kembali dilakukan. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan sesuai kebutuhan kami. Materinya akan menjadi bekal untuk memperbaiki pembelajaran maupun pengelolaan big data di sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, Widayatun, S.Ag., M.Psi., Kepala SMP Muhammadiyah 1 Tempel, menyampaikan bahwa kegiatan ini membuka wawasan baru.

“Kami sebelumnya masih kesulitan memahami konsep pembelajaran mendalam. Alhamdulillah, dengan kegiatan ini kami lebih bisa memaknai dan mempraktikkannya langsung dalam proses mengajar,” tutur beliau pada saat sesi penyampaian kesan dan pesan di akhir acara.

Sebagai penutup kegiatan, Dr. Endang Sri Budi Herawati mewakili tim PKM UNY menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta dan pihak sekolah atas partisipasi aktif yang luar biasa.

“Kami berharap pengetahuan dan pengalaman yang telah dibagikan dapat bermanfaat secara berkelanjutan. Terima kasih atas kerja sama dan semangat luar biasa dari para guru di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan dan SMP Muhammadiyah 1 Tempel,” tuturnya.

Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah nyata dalam memperkuat transformasi pendidikan berbasis data dan inovasi, serta menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lain dalam menghadapi tantangan manajemen pembelajaran modern.


 

.

Berita

  • FIP UNY Jadi Tujuan Studi Tiru KKM 3 MA Bangkalan Madura
    10/28/2025 - 09:25
  • FIPP UNY Tingkatkan Kapasitas Tenaga Kependidikan, Menuju Layanan Prima dan Tata Kelola yang Baik
    10/10/2024 - 19:29
  • FIP UNY Sambut Visiting Professor dari Victoria University Australia Bahas Penguatan Pendidikan Inklusif
    10/30/2025 - 09:36
  • Panggung Prestasi: Tiga Mahasiswa Hebat FIPP Siap Bertarung di Ajang Mapres Tingkat Universitas
    04/16/2025 - 09:52
  • Market Day dan Save Money Program Guna Menumbuhkan Minat Berwirausaha Dikalangan Anak Usia Dini di TK Al Hikmah Sumbersari Nibung Musi Rawas Utara Sumatera Selatan
    10/02/2023 - 11:26
  • Benchmarking Universitas Sultan Ageng Tirtayasa( UNTIRTA) tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)  di FIPP UNY
    12/13/2023 - 09:12
  • Peran Ilmu Pendidikan dalam Mewujudkan Kemandirian dan Kemerdekaan Belajar
    08/16/2022 - 09:47
  • Assoc. Prof. Nina Maadah Jadi Visiting Professor di PGSD FIPP UNY, Tingkatkan Kolaborasi Internasional Melalui Penandatanganan Kerja Sama
    04/21/2025 - 16:00
  • Rintisan Kerjasama Bidang Kemahasiswaan dan alumni FIP UNY Dengan Bidang Kemahasiswaan dan alumni FIP Universitas Negeri Malang
    11/08/2021 - 07:50
  • Manfaat Sertifikat Pendidik PPG dan Kesempatan Emas Menjadi Guru Profesional!
    01/09/2025 - 17:55

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY