Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

DOSEN MENGABDI UNTUK PENINGKATAN KINERJA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR MENUJU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS

By admin_fip | 10:22 AM WIB, Mon October 02, 2023

Program dosen berkegiatan diluar kampus (DLK) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta. Pada tahun 2023 DLK diselenggarakan bertajuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pembelajaran Inovatif yang Memerdekakan dan Membangun Kemandirian Belajar”. Tema yang diambil berdasarkan kondisi yang ada dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar se-kecamatan Bulu. Tidak sedikit sekolah yang masih belum sepenuhnya memahami akan pentingnya penanaman pembelajaran bermakna untuk membangkitkan semangat kemadirian belajar bagi guru dan siswa. Kegiatan diselenggarakan pada tanggal 7-8 Juli 2023 di SDN Malangan 3 Bulu Kabupaten Sukoharjo. Peserta dalam kegiatan DLK berasal dari beberapa perwakilan guru SD se Kecamatan Bulu dengan jumlah 100 orang.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) merupakan salah satu usaha untuk membersamai para Bapak/Ibu guru dalam memahami makna tujuan pembangunan (Sustanable Development Goals/SDG’s) dalam ranah pedagogik. Sustainable Development Goals (SDGs) adalah serangkaian tujuan global yang dirumuskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengatasi berbagai tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan di seluruh dunia. Dalam konteks pedagogik, SDGs dapat menjadi kerangka kerja yang penting untuk memandu pendidikan dan pengembangan anak-anak serta orang dewasa. Tentu SDG’s ini tidak hanya dimaknai dari sektor makro saja, sektor mikro perlu mendapat perhatian lebih. Ujung tombak dalam SDG’s sebenarnya adalah bagaimana kita mampu mempersiapkan calon penerus bangsa yang nantinya akan dapat meneruskan perjuangan pembangunan bangsa.

Pembelajaran yang bermakna dapat dilakukan dengan terus melakukan inovasi dalam usaha mengatasi permasalahan pembelajaran yang ada serta bagaimaiana kita mampu memfasilitasi pembelajaran. Kegiatan DLK PKM Departemen KTP membawakan beragam materi yang menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan Bapak/Ibu guru di sekolah dasar se-kecamatan Bulu. Materi utama yang dibawakan oleh Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. bertajuk “Pembelajaran Inovatif yang Memerdekakan Belajar” serta materi kedua yang dibawakan oleh Dr. Deni Herdianto, M.Pd. dengan tema “Kurikulum Merdeka Pembelajaran dan Asesmen”. Selain materi umum, kegiatan ini juga memberikan beberapa materi pendukung. Materi tersebut dibawakan oleh beberapa kelompok dosen Departemen KTP, diantaranya yaitu: (1) Strategi pengembangan keterampilan belajar mandiri; (2) Konsep dan implementasi kurikulum merdeka; (3) Pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan dengan menggunakan Canva; (4) Pemanfaatan media sosial untuk memfasilitasi kemandirian belajar dan kreativitas peserta didik; (5) Literasi media untuk mendukung pembelajaran era digital.

Konsep kegiatan DLK PKM dilaksanakan secara workshop dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning dengan jumlah 32 JP. Workshop dilaksanakan secara luring dengan diawali penjelasan dari masing-masing materi, baik itu materi umum maupun materi perkelompok dosen. Para peserta berkesempatan mendapatkan semua materi yang disipakan dalam kegiatan DLK PKM. Workshop secara luring berlanjut dengan memanfaatkan Google Classroom yang dapat diakses oleh semua peserta secara Asynchronous. Setelah semua perserta mengikuti rangkaian workshop, peserta diwajibkan mengerjakan sebuah project dengan menysusun modul ajar sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dengan disesuaikan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran serta sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah masing-masing peserta. Respon yang luar biasa dari para peserta dalam penyelenggaraan kegiatan DLK PKM. Banyak ilmu baru yang bisa diterakpan dalam pembelajaran di sekolah dasar serta dapat membuka wawasan dan pemahaman akan pentingnya inovasi pembelajaran yang berkelanjutan demi terwujutnya Sustainable Development Goals. (mlh)

SDGS #4 QUALITY EDUCATION
SDGs #4 Pendidikan

Berita

  • Pentingnya Mata Kuliah Psikologi Positif dalam Mendorong Perkembangan Keilmuan Psikologi Positif dan Well-Being
    10/02/2023 - 13:32
  • Mahasiswa PLB Dewi Meiliyan Ningrum terpilih sebagai Mahasiswa Berpestasi FIPP UNY tahun 2023
    03/31/2023 - 10:19
  • Mata Kuliah: Praktik Teknologi Pendidikan (S2TP UNY-2SKS)
    10/02/2023 - 10:11
  • Benchamarking Senat Akademik FIP UNESA ke Senat Akademik FIPP UNY
    06/04/2024 - 12:36
  • Pelantikan Ormawa FIPP 2023
    02/07/2023 - 11:59
  • Penyerahan Surat Tugas Tambahan Dosen FIPP UNY untuk Tahun 2024
    01/08/2024 - 15:14
  • UUIK FIPP UNY Sosialisasi Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2024
    01/18/2024 - 13:33
  • Koordinasi dan Sosialisasi Mahasiswa Berprestasi FIP UNY Tahun 2022
    01/18/2022 - 08:55
  • Kuliah Tamu oleh Assoc. Prof. Jill Willis, Ph.D. dari Queensland University of Technology di UNY
    06/20/2024 - 08:20
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY