Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas Melalui Pendidikan Inklusi

By admin_fip | 10:50 AM WIB, Mon October 02, 2023

Secara rata-rata, angka lama bersekolah anak di Indonesia adalah 8,75 tahun. Namun, angka ini turun ke 4,73 tahun untuk anak dengan disabilitas. Menurut United Nations Children’s Fund Tahun 2020 hanya 56% anak dengan disabilitas yang menamatkan pendidikan dasar, jauh di bawah rata-rata nasional sebesar 95%. Sebagian besar orangtua tidak mau menyekolahkan anaknya karena beberapa alasan diantaranya kurangnya biaya, jauhnya akses ke sekolah luar biasa dan adanya penolakan dari sekolah umum karena adanya hambatan pada anak.

Pendidikan adalah hak asasi manusia yang mendasar. Namun, berbagai faktor yang sering bersinggungan termasuk gender, kemiskinan, disabilitas, bahasa dan etnis menciptakan hambatan yang mencegah jutaan anak mengakses dan menyelesaikan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan dalam sebuah sistem yang inklusif dimana semua anak, terlepas dari kemampuan fisik, intelektual, sosial, emosional atau bahasa, belajar dan berpartisipasi secara setara dan efektif, aman dan bebas dari bias gender.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2007 tujuan dari adanya pendidikan inklusif adalah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, dan sosial, atau memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya, serta untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang menghargai keanekaragaman, dan tidak diskriminatif bagi semua anak.

Pelaksanaan pendidikan Pendidikan inklusi di Indonesia dapat menguntungkan anak berkebutuhan khusus, keluarga, dan komunitas. Perhatian internasional pada pendidikan inklusif telah berkembang untuk memantapkan dirinya dalam kebijakan, praktik dan sebagai bidang penelitian pendidikan yang berkembang di seluruh negara. Adanya metode pengajaran yang mengharuskan pendidik untuk mengambil tanggung jawab terhadap semua peserta didik dengan menyediakan berbagai pilihan layanan pembelajaran bagi setiap setiap anak baik pada jenjang Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi.

Penulis: Veroyunita Umar

SDGS #4 QUALITY EDUCATION
SDGs #10 REDUCED INEQUALITIES

Berita

  • Dosen Departemen PSD Laksanakan Pengabdian Masyarakat Bertema Optimalisasi Penggunaan Teknologi Kekinian dan Pembelajaran Bermakna di Sekolah Dasar
    05/05/2025 - 13:50
  • Tim PLB UNY mendukung Konferensi Akomodasi dan Akesibilitas melalui Pemanfaatan Teknologi Asistif Anak Tunanetra
    10/02/2023 - 15:33
  • Dies Natalis FIP 57, Imun Menuju Peradaban Baru
    09/13/2021 - 10:51
  • Coaching Clinic Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Bagi Mahasiswa S2 PLB Kerja Sama FIP UNY dan Pemkab Kutai Timur
    08/26/2025 - 10:05
  • Transforming Educational Landscape in South Asia After Covid-19
    09/13/2022 - 10:12
  • Seminar Antar Bangsa pada mata kuliah Pancasila
    10/02/2023 - 09:01
  • Benchamarking Senat Akademik FIP UNESA ke Senat Akademik FIPP UNY
    06/04/2024 - 12:36
  • Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education
    03/21/2023 - 15:00
  • Perkuat Tata Kelola Akademik, STAI Putra Galuh Ciamis Lakukan Studi Banding ke FIP UNY
    07/09/2025 - 14:21
  • Membangun Keluarga Berdaya: UNY Luncurkan Pelatihan untuk Generasi Unggul di Bantul
    08/12/2024 - 13:15

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY