Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Optimalisasi Resource Menuju SDGs: Pendekatan dan Aplikasi Matematika di Sekolah Dasar

By admin_fip | 11:40 AM WIB, Mon October 02, 2023

Pembangunan berkelanjutan telah menjadi prioritas global dalam upaya menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, keadilan sosial, dan pelestarian lingkungan. Salah satu tantangan besar dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) adalah bagaimana mengalokasikan sumberdaya secara efisien. Inilah sebabnya mengapa pendekatan dan aplikasi matematika telah menjadi penting dalam membantu pemangku kepentingan mengoptimalkan resource untuk mencapai SDGs. Pendekatan dan aplikasi matematika ini melibatkan penggunaan model matematika yang efektif untuk mengidentifikasi cara terbaik untuk mengoptimalkan resource pendidikan yang dimiliki oleh Indonesia seperti anggaran, sarana dan prasarana, serta tenaga pendidik dan kependidikan agar dapat mencapai berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan. Salah satu manfaat utama dari pendekatan matematis ini adalah kemampuannya untuk menghindari pemborosan sumberdaya yang berharga dalam pendidikan. Dengan menganalisis data dengan cermat, pemangku kepentingan dapat mengidentifikasi pemanfaatan resource utama dan penunjang untuk mencapai tujuan SDGs di Indonesia.

Program Studi S3 Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta ikut berperan aktif dalam optimalisasi pendidikan menuju SDGs pada tingkat sekolah dasar. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui implementasi mata kuliah kajian dan aplikasi matematika sekolah dasar yang mengkaji mengenai aplikasi dan pendekatan matematis dalam pencapaian efisiensi dan efektivitas pembelajaran matematika di sekolah dasar guna menuju SDGs di Indonesia. Mata kuliah ini diimplementasikan melalui kombinasi antara teori dan konsep matematika yang dikemas melalui konsep ke dalam situasi didaktis dan adidaktis, serta mengembangkan inovasi pendidikan matematika melalui mini riset dengan desain didactical research, developmental research, dan hipotetical learning trajectory.

Mata kuliah kajian dan aplikasi matematika SD memberi peluang kepada mahasiswa untuk menjadi agents of change dalam pengembangan pendidikan matematika di SD yang efektif dan efisien, serta berkontribusi secara langsung dalam kepakaran pendidikan dasar melalui kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah. Aplikasi dan pendekatan matematis yang dikembangkan bahasiswa akan membantu dalam perencanaan jangka panjang pembangunan pendidikan menuju SDGs, khususnya pendidikan di sekolah dasar. Dengan menggunakan model matematis dalam pendidikan, maka pendekatan matematis dapat membantu dalam mengatasi konflik resource yang dimiliki Indonesia. Kondisi real mengenai kepemilikan resource pendidikan di Indonesia jangan dijadikan hambatan utama dalam memajukan bangsa Indonesia di bidang pendidikan. Tetapi, dengan model matematis, mahasiswa harus mampu mengoptimalkan resource yang dimiliki Indonesia saat ini. Optimalisasi resource dapat dilakukan melalui penerapan dan aplikasi pendikatan matematis supaya penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan secara efektif dan efisien guna pencapaian sustainable development goals.

Dalam situasi di mana berbagai sektor memiliki klaim terhadap resource yang sama, model matematis dapat digunakan untuk mencari solusi yang adil dan efisien yang memenuhi kebutuhan pendidikan di Indonesia. Selain manfaat praktisnya, pendekatan matematis juga membantu dalam memantau kemajuan terhadap pencapaian SDGs. Dengan menggunakan data aktual sebagai masukan, pemangku kepentingan dapat secara teratur memperbarui model matematis untuk

 

mencerminkan perubahan dalam situasi dunia nyata. Ini sangat memungkinkan untuk menyesuaikan alokasi resource sesuai dengan perkembangan terbaru. Dalam dunia yang terus berubah dan kompleks ini, pendekatan matematis untuk mengoptimalkan resource menjadi semakin relevan. Dengan penggunaan yang bijaksana, metode ini dapat membantu kita menghadapi tantangan pembangunan berkelanjutan dan bergerak menuju masa depan yang lebih berkelanjutan untuk semua.

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Muhammad Rifki Wisudawan Disabilitas dari FIPP UNY
    09/04/2023 - 10:23
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47
  • Kolaborasi Strategis: Universitas Alma Ata dan FIPP UNY Jalin Kerja Sama untuk Pendirian Prodi S2 Pendidikan Dasar
    02/05/2025 - 11:29
  • ISU SDGs DALAM PERKULIAHAN KEBIJAKAN GURU DAN PEMBELAJARAN
    10/02/2023 - 08:41
  • Penguatan Teori dan Praktek Pendidikan Khusus bersama Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Ortopedagogik
    10/02/2023 - 10:52
  • FIPP UNY Turut Memeriahkan Global Partnership Fair UNY
    11/09/2023 - 13:31
  • TEROBOSAN FIP UNY DALAM RINTISAN PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH BINAAN DESA GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL
    10/05/2021 - 14:14
  • PENGEMBANGAN ALAT UKUR KESIAPAN MENIKAH UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN KELUARGA DI INDONESIA MENUJU KELUARGA SEJAHTERA
    10/02/2023 - 13:25
  • Mata Kuliah Psikologi Pendidikan dan SDG’s
    10/02/2023 - 13:38
  • Mengatasi Stress dan Burnout: Strategi Mengembangkan Kesejahteraan Psikologis
    10/02/2023 - 10:30

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY