Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Unggulan Ipteks Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Pengembangan Model Kepemimpinan Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Student Well Being di Kabupaten Klaten

By admin_fip | 10:55 AM WIB, Mon October 16, 2023

Tri Indarti, seorang calon doktor dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta, telah berhasil menyelesaikan ujian promosi doktoral dengan fokus pada pengembangan model kepemimpinan guru sekolah dasar untuk meningkatkan student well-being di Kabupaten Klaten. Disertasi tersebut berjudul "Pengembangan Model Kepemimpinan Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Student Well Being di Kabupaten Klaten."

Penelitian ini bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan utama, yaitu: mengidentifikasi desain model kepemimpinan guru sekolah dasar yang sudah terlaksana di Kabupaten Klaten, menganalisis kelemahan model kepemimpinan tersebut, mengembangkan model kepemimpinan guru sekolah dasar yang lebih efektif untuk meningkatkan well-being siswa, serta mengukur kelayakan dan efektivitas model tersebut.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang memungkinkan pengembangan produk spesifik dan pengujian keefektifan produk tersebut. Penelitian ini melibatkan guru, kepala sekolah, pengawas, dan koordinator wilayah di sekolah dasar di Kabupaten Klaten sebagai subjek penelitian. Lokasi penelitian meliputi 10 sekolah dasar yang dipilih secara purposive sampling di Kabupaten Klaten.

Hasil penelitian mengungkapkan beberapa temuan penting. Pertama, belum ada desain model kepemimpinan guru di Kabupaten Klaten, dan model kepemimpinan yang berlaku saat ini adalah model kepemimpinan kepala sekolah. Kedua, model kepemimpinan guru di Kabupaten Klaten mengalami kendala utama pada sumber daya manusia, khususnya pada pemahaman dan implementasi model kepemimpinan guru yang masih rendah. Ketiga, proses pengembangan model kepemimpinan guru sekolah dasar untuk meningkatkan well-being siswa melibatkan beberapa tahapan, termasuk analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan, revisi, dan penilaian akhir.

Model kepemimpinan guru untuk meningkatkan well-being siswa yang dihasilkan dari penelitian ini telah dinyatakan layak dan efektif oleh ahli produk, uji coba awal, dan uji coba lapangan. Model ini memiliki tingkat keefektifan sedang dalam meningkatkan kompetensi kepemimpinan guru dan well-being siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Klaten dengan memperkuat kepemimpinan guru dan kesejahteraan siswa. (rit)

SDGS #4 QUALITY EDUCATION
Ujian Promosi Doktor

Berita

  • SUPPORT SDGs, PRODI S1 MANAJEMEN PENDIDIKAN MERAMPAI RESPONSI DAN ADAPTABILITAS MELALUI OLMP
    09/30/2023 - 09:24
  • Workshop Penyusunan Konten, SOP, dan Juknis Dasalomba dalam Rangka Dies Natalis FIP UNY Tahun 2022.
    06/20/2022 - 13:27
  • Peningkatan Kepemimpinan Instruksional Melalui Pelatihan Coaching Bagi Kepala Sekolah Dasar
    09/30/2023 - 16:07
  • GUEST LECTURER OLEH PROF SUNARYO KARTADINATA DI MOH AMIEN FIPP UNY: MENJAWAB TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL
    04/25/2024 - 09:42
  • Jadwal Pengambilan Dokumen Kelulusan Wisudawan FIP UNY Periode Februari, Mei, dan Agustus 2025
    08/26/2025 - 10:22
  • “Manajemen Strategik dan Pendidikan Berkualitas: Memahami Keterkaitan Kunci untuk Mewujudkan SDGs”
    09/30/2023 - 09:19
  • “Manajemen Strategik dan Pendidikan Berkualitas: Memahami Keterkaitan Kunci untuk Mewujudkan SDGs”
    09/30/2023 - 09:19
  • Launching Program Magister (S2) Kebijakan Pendidikan FIP UNY
    12/12/2022 - 09:43
  • Guru SD Asal Purworejo Raih Gelar Doktor dari UNY Tanpa Ujian Terbuka, Berkat Publikasi Internasional
    10/14/2025 - 12:28
  • Pelatihan Tembang Macapat, Geguritan, dan Langen Carita untuk Pendidik Desa Binaan FIP UNY
    03/29/2022 - 09:12

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY