Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Kontribusi Perkuliahan Pendidikan komparatif dalam Mewujudkan Program SDG’S

By admin_fip | 8:54 AM WIB, Mon October 02, 2023

Mata kuliah Pendidikan komparatif secara essensial mengkaji wawasan pendidikan kontemporer dan pengembangan mutu pendidikan lintas teritori dan kawasan budaya beserta metodologi cara membandingkannya. Secara khusus membahas kecenderungan paradigma, teori dan metodologi di dalam studi pendidikan komparatif, isu-isu klasik, kontemporer dan aktual dalam pendidikan dan persekolahan dengan fokus pada relevansi konteks nasional, regional dan global. Isu-isu pengembangan kurikulum, belajar-mengajar dan dampaknya dalam praksis Pendidikan. Usai mengikuti mata kuliah ini dalam satu semester, mahasiswa dapat memiliki kompetensi: 1) Memahami wawasan pendidikan antar Kawasan; 2)Memahami isu-isu dan usaha-usaha pengembangan pendidikan di berbagai negara; 3) Kemampuan membandingkan melalui metode perbandingan Pendidikan.

Kesimpulan yang diambil dari penjelasan di atas yaitu: Pendidikan komparatif merupakan Mata kuliah yang dapat memberikan wawasan yang komprehensif tentang Pendidikan di beberapa kawasan nasional, regional, dan global, serta memberikan inspirasi untuk memahami sistem dan praksis Pendidikan yang baik dari suatu negara. Pemahaman system Pendidikan yang berbeda di setiap negara akan memberi pengetahuan tentang keunggulan dan kekurangan Pendidikan yang ada di setiap negara. Sistem pendidikan Indonesia semestinya tidak demikian saja mengambil alih atau meminjam (borrowing) demikian saja system pendidikan dari luar, tetapi memilah dan memilih mana yang cocok dan sesuai dengan kebudayaan dan identitas bangsa (kepribadian dan nilai nilai budaya bangsa. Ki Hajar Dewantara dalam konteks ini mengatakan dengan konsep trikon, yitu kontinyu, konvergensi, dan konsentris.

Mata kuliah ini dilaksanakan 16 kali pertemuan dalam satu semester. Enam belas kali pertemuan merupakan pembelajaran yang menggunakan banyak variasi: materi, metode, dan strategi yang bertujuan untuk melatih kompetensi yang dibutuhkan di abad 21 yaitu 4 C (Critical thingking, colaboratif, creatif thingking, communication). Metode yang digunakan Project Base Learning, inquiri learning, colaboratif leanrning, dialog, ceramah interaktif, disertai dengan game learning di akhir pembelajaran dilakukan refleksi. Pembelajaran yang dilaksanakan untuk mata kuliah ini adalah mengacu pada transformasi pengetahuan dan transformasi value sebagaimana hakikat dari pendidikan. Beberapa materi yang dipakai menjadi bahan dialog antara lain terkait dengan equality dan equity pendidikan, paradigma pendidikan di beberapa negara, aliran-aliran pendidikan di dunia merupakan materi yang terkait dengan SDGs. SDGs merupakan panduan yang digunakan oleh PBB dalam pembangunan suatu negara yang berkesinambungan. SDGs memiliki prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif yang meyakinkan bahwa tidak seorang pun warga dunia yang tertinggal ( NO-One Left Behind). Sedangkan tujuan SDS yang keempat yaitu peningkatan kualitas pendidikan.

Keterkaitan antara pembelajaran pendidikan komparatif dengan prinsip dan tujuan SDGs semakin jelas yaitu: 1) pembelajaran pendidikan kompararif berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan sebagaimana tuntutan pendidikan abad 21, memberi wawasan yang komprehensif dengan belajar dan membangun kesadaran kritis kepada mahasiswa untuk saling memahami berbagai perbedaan untuk membangun masyarakat dunia yang inklusif dan berkeadilan; 2) Pembelajaran pendidikan komparatif senafas dengan prinsip SDGS yang bersifat universal, integrativf, dan inklusif. Materi, metode dan strategi yang bervariasi serta refleksi memberikan pengalaman belajaran yang menumbuhkan rasa empati dan simpati, bergotong royong untuk saling membantu, sehingga kesenjangan yang ada di dunia ini minimal diantisipasi dan diberikan solusi sederhana untuk mengatasi keadaaan dunia yang semakin memiliki kesenjangan dalam bidang ekonomi, social, dan budaya. Oleh karena itu pembelajaran pendididkan konperatif berkontribusi sedikit untuk tercapainya SDGs. Ketercapaian SDGs tentunya melibatkan berbagai aspek kehidupan manusia baik fisik maupun nonfisik, sehingga terwujud tatanan dunia baru yang lebih adil, sejahtera, demokratis, dan humanis.

SDGS #4 QUALITY EDUCATION

Berita

  • Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 08:42
  • Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Mendorong Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan
    10/02/2023 - 08:37
  • Kompetensi Konseling Multikultural Bagi Konselor Sebagai Pencapaian Indikator SDGs
    10/02/2023 - 10:32
  • Mahasiswa FIP UNY Raih Gold Medal dalam International Science and Invetion Fair (ISIF) 2022
    11/24/2022 - 13:43
  • Pelantikan Organisasi Mahasiswa FIP UNY Tahun 2022
    01/18/2022 - 09:05
  • Meraih Mimpi Lewat Outing Study: MAN 2 kota Semarang Menyerap Ilmu di FIPP UNY
    02/24/2025 - 10:06
  • Peningkatan Kepemimpinan Instruksional Melalui Pelatihan Coaching Bagi Kepala Sekolah Dasar
    09/30/2023 - 16:07
  • FIP UNY Raih 2 Medali Emas dan 2 Medali Perak dalam UNY Networks Awards 2022
    05/25/2022 - 14:55
  • Mata Kuliah Psikologi Pendidikan dan SDG’s
    10/02/2023 - 13:38
  • PAMERAN PENDIDIKAN GREDUPEDIA
    10/02/2023 - 10:07

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY