Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Kebudayaan dan Kearifan Lokal Masyarakat Jawa Sebagai Pencapaian Indikator SDGs

By admin_fip | 10:56 AM WIB, Mon October 02, 2023

Pulau Jawa merupakan pulau yang sangat padat penduduk. Kepadatan penduduk di Jawa
disebabkan karena Jawa mempunyai keistimewaan dalam menarik minat orang-orang di daerah untuk datang dengan berbagai macam tujuan yang berbeda. Terlebih lagi banyak penduduk dari daerah lain datang ke Jawa untuk belajar, mencari nafkah untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi atau sekedar berkunjung dengan melihat hasil kebudayaan dari Masyarakat Jawa. Banyaknya pendatang di pulau Jawa menyebabkan daerah ini menjadi multietnis dan multikultural. Berbagai macam adat dan kebiasaan juga ditinggalkan oleh nenek moyang yang dahulunya datang ke tanah Jawa dengan berbagai kepentingan yang berbeda. Kekayaan warisan budaya yang ada di Jawa juga meninggalkan banyak nilai-nilai yang menjadi kearifan lokal dan bisa diambil nilai-nilai positif serta dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakatnya. Kebudayaan dan kearifan lokal pada masyakarat memiliki keterkaitan dengan matakuliah bimbingan dan konseling multikultural. Matakuliah bimbingan dan konseling multikultural ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan telaah secara multidisipliner, untuk menangani konseling yang berbasis budaya, berhubungan dengan kajian-kajian budaya, psikologi lintas budaya, dan konseling lintas budaya, kepekaan-kepekaan (sensitivitas) budaya, bias-biasa (basis) budaya, hubungan antara konselor dengan konseli sebagai sebuah variabel dalam konseling lintas budaya, hambatan-hambatan (barriers) budaya, perjumpaan (interface) budaya, pendekatan-pendekatan perilaku (behavioral) dalam konseling lintas budaya, menganalisis paradigma baru bimbingan dan konseling multikultural, pengembangan kompetensi bimbingan dan konseling multikultural. Matakuliah ini diharapkan mampu menelaah isu-isu multikultur yang terkait dengan politik, ekonomi, sosial, dan budaya dalam konteks pendidikan untuk layanan bimbingan dan konseling.

Matakuliah bimbingan dan konseling multikultural ini penting untuk membantu konselor dalam menerapkan wawasan keilmuan bimbingan dan konseling berbasis multikultural dan komprehensif yang melandasi perilaku profesional dalam penyelenggaraan layanan dan pengembangan bimbingan dan konseling dalam berbagai setting layanan (formal, informal, nonformal/kemasyarakatan). Salah satu ketercapaian matakuliah ini yaitu mampu mencapai indicator SDGs. Salah satu indikator yang dapat dicapai adalah kesetaraan gender. Kesetaraan gender (Gender Equality) merupakan indicator SDGs ke lima. Kesetaraan gender memiliki arti adanya kesamaan kondisi bagi laki-laki maupun perempuan dalam memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan hukum, politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan nasional serta kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan dalam suatu negara. Terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender ditandai dengan tidak adanya diskriminasi antara perempuan dan laki-laki sehingga antara laki-laki dan perempuan mempunyai akses, kesempatan berpartisipasi dan kontrol atas pembangunan serta memperoleh manfaat yang setara dan adil dari pembangunan. Ketika mempelajari kesetaraan gender secara tidak langsung juga akan mengkaji kearifan local. Pada kegiatan workshop bertajuk “Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dari Pakaian Tradisional Keraton Yogyakarta” dengan pemateri Dr. Agus Basuki, M.Pd. Beliau menyampaikan konteks diskusi terkait pentingnya memiliki kepekaan terhadap latar belakang budaya konseli. Beliau menekankan bahwa kearifan lokal sangat identik dengan kebudayaan suatu daerah atau tempat dimana terdapat masyarakat yang mempunyai kebiasaan atau adat istiadat yang secara turun temurun diakui dan dilaksanakan sebagai sebuah tradisi serta meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal yang membawa kemanfaatan. Dengan kegiatan ini mahasiswa dapat belajar tentang kesetaraan gender ketika dikaji melalui kearifan lokal dan mendalami melalui penelitian. Wawasan mahasiswa akan semakin kompleks dan komprehensif.

SDGs #5 GENDER EQUALITY

Berita

  • Outing Class Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Bersama Prof Ruyu dari NCYU Bertemakan Ecopedagogy
    10/02/2023 - 11:32
  • Academic Collaboration Visit to The Faculty of Education, Universiti Malaya
    05/11/2023 - 11:26
  • Universal Design for Learning sebagai implementasi pembelajaran inklusif di Perguruan Tinggi
    05/13/2023 - 08:55
  • DPM FIP UNY IKUT ANDIL DALAM PELATIHAN PADA MASYARAKAT GIRIPURWO
    04/01/2022 - 10:36
  • UUIK FIPP UNY Sosialisasi Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2024
    01/18/2024 - 13:33
  • FIP UNY Perkuat Kerjasama Kampus Merdeka Merdeka Belajar dengan LPTK se-Indonesia
    11/11/2021 - 05:08
  • Peningkatan Kepemimpinan Instruksional Melalui Pelatihan Coaching Bagi Kepala Sekolah Dasar
    09/30/2023 - 16:07
  • Upaya Pencapaian SDG’S melalui Psikoedukasi Literasi Kesehatan Mental Masyarakat pada Mata Kuliah Kesehatan Mental
    10/02/2023 - 13:31
  • Kunjungan Studi dari Prodi S1 BK FIP UPI ke BK FIPP UNY Mendukung Kerjasama Bidang Kesehatan Mental
    12/06/2023 - 10:15
  • Menggali Sinergi: Seminar Budaya dan Pendidikan di FIPP UNY
    07/16/2024 - 14:47

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY