Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI
  • ZONA INTEGRITAS

Studium General Bimbingan dan Konseling: Suicide Prevention

By admin_fip | 1:12 PM WIB, Mon August 29, 2022

(Rabu, 24/08). Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Stadium General dengan topik “Developing and Implementing a Comprehensive School-Based Suicide Prevention Program” yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2022 di Abdullah Sigit Hall Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Kegiatan ini diperuntukkan bagi Mahasiswa Prodi S1, S2, dan S3 Bimbingan dan Konseling FIP UNY dan dimoderatori oleh Ibu Yuli Nurmalasari, M.Pd. selaku dosen prodi BK UNY. Stadium General ini bekerja sama dengan Ohio State University, United States dengan pembicara yang ahli dalam topik yang diangkat yaitu, Prof. Darcy Haag Garnello, Ph.D., LPCC-S as a Director of Suicide Prevention Program, dan Associate Professor. Paul Granello, Ph.D. as a Counselor Education.

Pembahasan mengenai Suicide berangkat dari data WHO bahwa terdapat satu juta orang bunuh diri di dunia tiap tahunnya. Ini menunjukkan dengan jelas bahwa bunuh diri merupakan sebuah Epidemik Internasional. Khususnya ketika pandemi menghampiri, tercatat terdapat 40% masyarakat Indonesia dilaporkan melukai diri (NSSI) atau memikirkan bunuh diri selama pandemi. Dan tingkat bunuh diri di kalangan remaja Indonesia adalah lebih dari 50% (2,5x lebih tinggi dari kelompok usia lainnya). Pada 2020, bunuh diri dan percobaan bunuh diri meningkat sebanyak 300%. Kriteria tertinggi pelaku bunuh diri di antaranya anak muda (15-24), tinggal di Jawa, perempuan, dan minoritas/anggota kelompok marginal. Keinginan dan atau pun tindakan bunuh diri juga berasal dari pengalaman akan kesepian dan keputusasaan. Selain itu, media sosial memiliki kaitan erat dengan tingginya tingkat depresi dan percobaan bunuh diri pada remaja Indonesia. Banyak sekali tindakan bunuh diri berkaitan dengan pesan-pesan di media sosial dan internet.

Tidak hanya anak muda, pandemi juga memberikan dampak jangka panjang pada anak-anak yang tentunya perlu perhatian khusus, mengingat dampak yang dihasilkan di antaranya mengalami ketertinggalan dalam hal bersosialisasi, stresor ekonomi pada keluarga, serta kemungkinan akan tinggal di rumah dengan orang dewasa yang cenderung kasar. Sebagaimana tingkat bunuh diri meningkat pada berbagai kalangan, maka pencegahan untuk anak-anak di sekolah seyogyanya menjadi fokus utama. Konselor sekolah/guru bimbingan dan konseling harus memahami bagaimana mengembangkan dan mengimplementasikan secara efektif program pencegahan bunuh diri di sekolah. Sekolah harus memiliki rencana dan konselor sekolah/guru bimbingan dan konseling harus menyiapkan diri untuk menempuh upaya ini.

Dr. Darcy dan Prof. Paul menyampaikan bahwa terdapat tiga tingkatan pencegahan bunuh diri yang bisa dilakukan, yaitu: 1) Universal (seluruh siswa di sekolah), 2) Strategis (siswa rentan sekitar 20%), dan 3) Intensif (siswa berisiko sekitar 3-5%). Pada tingkat Universal diperlukan edukasi dan advokasi pada siswa, dan yang terlibat dalam tingkatan ini adalah seluruh masyarakat sekolah (staf, guru, siswa, dan orang tua). Selanjutnya pada tingkatan kedua, intervensi strategis, diperlukannya pelaksanaan konseling individu maupun konseling kelompok kecil, konsultasi dan kolaborasi dengan guru-guru, dan melibatkan konselor sekolah/guru bimbingan dan konseling serta staf dan administrator terpilih. Kemudian pada tingkatan ketiga yaitu intervensi intensif, diperlukan manajemen krisis, merujuk pihak eksternal, dan reintegrasi untuk siswa kembali ke sekolah, tingkatan ini dipimpin oleh konselor sekolah bersama staf dan administrator terpilih. Namun, program pencegahan bunuh diri mengutamakan fokus pada pencegahan universal, yakni untuk seluruh siswa di sekolah. Komponen utama di sekolah berdasarkan program pencegahan bunuh diri universal ini di antaranya: 1) membuat tim, 2) melatih staf, 3) mengedukasi siswa, 4) membimbing orang tua, 5) mengikutsertakan teman sebaya siswa, 6) mengurangi stigma, 7) melakukan skrining siswa, 8) merujuk, 9) reintegrasi, 10) melakukan tindakan pasca-intervensi.

Dr. Darcy dan Prof. Paul menekankan satu pesan yang perlu diingat sebagai konselor sekolah/guru bimbingan dan konseling adalah, “Do Something.” Mengingat bahwa Indonesia saat ini tidak memiliki strategi pencegahan bunuh diri berskala nasional, media cenderung tidak mengikuti aturan pelaporan, mayoritas masyarakat kekurangan informasi (tidak ada pesan berskala nasional: ‘bunuh diri bisa dicegah’), dan tidak adanya spesifik gatekeeper pencegahan bunuh diri yang terlatih (bahkan belum diberlakukan). Dan universitas, adalah tempat dimana kita bisa melatih konselor masa depan untuk memulai dan mengupayakan tugas penting ini. Mari bersama menormalisasi dialog-dialog terkait bunuh diri, menguatkan satu dengan yang lain, menanyakan kondisi serta sepenuhnya mendengarkan, berjuang mematahkan stigma, dan apa pun hal yang mampu dilakukan, karena hampir seluruh dari kita tidak baik-baik saja. (Putri Milenia Gusdian).

Bimbingan Konseling

Berita

  • Penyerahan Surat Tugas Tendik dan SE di FIPP UNY
    01/08/2024 - 12:41
  • Penyusunan Laporan Keuangan Penelitian dan PKM FIP UNY Dorong Transparansi dan Akuntabilitas
    07/17/2025 - 10:28
  • Academic Collaboration Visit to The Faculty of Education, Universiti Malaya
    05/11/2023 - 11:26
  • Terjadi Keterlambatan Terbitnya Ijazah untuk Wisudawan UNY Periode Februari dan Mei 2025
    06/02/2025 - 11:47
  • Bidang Kemahasiswaan dan alumni FIP UNY Bersinergis dengan prodi s2 PLB dalam kegiatan PKKMB mahasiswa Program Intake Semester Genap FIP UNY 2022
    02/21/2022 - 10:46
  • Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Bukit Cinta
    10/02/2023 - 13:28
  • Asesmen Lapangan Prodi S2 Bimbingan dan Konseling FIP UNY
    10/12/2022 - 09:44
  • Perluas Jaringan Akademik, FIP UNY Sambut Baik Kehadiran Universitas PGRI Ronggolawe
    07/03/2025 - 11:26
  • PENELITIAN MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS MENDUKUNG PENGEMBANGAN EFEKTIVITAS DAN INKLUSIVITAS FASILITAS PENDIDIKAN
    09/30/2023 - 09:42
  • FIP UNY Terima Kunjungan Pascasarjana Universitas Baturaja untuk Benchmarking Penjaminan Mutu
    09/10/2025 - 09:28

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok
CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY