Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • BERANDA
  • PROFIL
    • SEJARAH SINGKAT
    • PIMPINAN FIP UNY
    • VISI DAN MISI
    • SENAT
    • GURU BESAR
    • TENAGA PENGAJAR
      • ADMINISTRASI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
      • PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
      • FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
      • PSIKOLOGI
    • FASILITAS
    • KEAHLIAN DOSEN
  • PROGRAM
    • SARJANA
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • TEKNOLOGI PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • PSIKOLOGI
    • MAGISTER
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • PENDIDIKAN NONFORMAL
      • TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
      • PENDIDIKAN LUAR BIASA
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PSIKOLOGI
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
      • KEBIJAKAN PENDIDIKAN
    • DOKTOR
      • MANAJEMEN PENDIDIKAN
      • PENDIDIKAN DASAR
      • BIMBINGAN DAN KONSELING
      • PENDIDIKAN KHUSUS
      • PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
  • Zona Integritas
  • AKADEMIK
    • LAYANAN S1
    • LAYANAN S2
    • LAYANAN S3
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • Admisi Mahasiswa Dalam Negeri
      • Admisi Mahasiswa Internasional
  • KEMAHASISWAAN & ALUMNI
    • Layanan Kemahasiswaan
    • Layanan Ormawa
      • Template
      • Form Pengajuan Dana
      • SK Kepengurusan
    • Layanan Alumni
  • PUSAT STUDI
    • Pusat Kajian Ilmu Pendidikan
    • Institute for Educational Management
    • Inclusive and Special Education
    • Keluarga dan Pengembangan Komunitas
  • UNIT LAYANAN
    • UUIK
    • UNIT BAHASA
    • PENJAMINAN MUTU
      • Web Penjaminan Mutu
      • Laporan Survey Kepuasan
    • UNIT JURNAL
      • JOURNAL FIPP
      • JOURNAL STUDENT
      • JOURNAL UNY
    • UNIT PUSAT DATA DAN INFORMASI
      • Laporan Dekan
    • UNIT INOVASI PEMBELAJARAN
    • LIBRARY
      • BEBAS PUSTAKA ONLINE
  • KERJASAMA
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • SOP
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Dikecualikan
    • Permohonan Informasi Online
    • Laporan
  • EDUCARE
  • KONTAK KAMI

Mata Kuliah "Reformasi Pendidikan, Sejarah, Kebijakan, dan Praktik" Mendorong Pencapaian Indikator SDG's

By admin_fip | 8:58 AM WIB, Mon October 02, 2023

Mata kuliah "Reformasi Pendidikan, Sejarah, Kebijakan, dan Praktik" bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana pendidikan telah berkembang dari waktu ke waktu, dan bagaimana kebijakan memengaruhi pendidikan, praktik terbaik dapat diterapkan dalam pengajaran dan pembelajaran. Hal ini penting untuk mempersiapkan mahasiswa untuk berkontribusi dalam perbaikan sistem pendidikan dan pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih baik di masa depan. Mata kuliah ini mencakup berbagai aspek, termasuk peran reformasi pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan, bagaimana sejarah memengaruhi pendidikan saat ini, peran kebijakan dalam mengatur pendidikan, dan praktik terbaik dalam pembelajaran.

Topik umum mata kuliah Reformasi Pendidikan, Sejarah, Kebijakan, dan Praktik :

  1. Sejarah Pendidikan: Pemahaman tentang sejarah pendidikan dari zaman kuno hingga modern, termasuk peran peristiwa sejarah dalam membentuk sistem pendidikan saat ini.
  2. Kebijakan Pendidikan: Studi tentang berbagai kebijakan pendidikan yang telah diterapkan di tingkat nasional dan lokal, serta analisis dampaknya pada pendidikan.
  3. Reformasi Pendidikan: Pengkajian perubahan besar yang terjadi dalam sistem pendidikan, termasuk reformasi kurikulum, reformasi administratif, dan reformasi pendanaan.
  4. Praktik Terbaik dalam Pendidikan: Pemahaman tentang praktik pengajaran dan pembelajaran yang efektif, termasuk penerapan teknologi dalam pendidikan.
  5. Isu Pendidikan Kontemporer: Mempelajari isu-isu terkini dalam pendidikan, seperti inklusi pendidikan, teknologi pendidikan, dan tantangan global dalam pendidikan.
  6. Studi Kasus dan Analisis: Penggunaan studi kasus untuk menggali implementasi kebijakan, evaluasi reformasi pendidikan, dan memahami dampaknya.

Beberapa alasan mengapa mata kuliah ini penting dalam konteks pencapaian SDGs: 1). Mata kuliah ini dapat membantu dalam memahami sejarah dan evolusi sistem pendidikan, yang merupakan landasan penting untuk mencapai SDGs, yaitu pendidikan berkualitas bagi semua orang. 2). Mahasiswa yang memahami sejarah pendidikan dan kebijakan pendidikan dapat berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan reformasi pendidikan yang mendukung tujuan SDGs. 3). Mata kuliah ini memungkinkan mahasiswa untuk menganalisis dampak kebijakan pendidikan terhadap ketidaksetaraan pendidikan, yang berkaitan dengan SDGs, yaitu mengurangi ketidaksetaraan dalam dan antara negara. 4). Melalui pemahaman tentang kebijakan pendidikan, mahasiswa dapat belajar tentang pentingnya akses yang adil dan inklusif ke pendidikan, yang merupakan salah satu komponen SDGs, yaitu promosi masyarakat yang damai, inklusif, dan berkeadilan. 5). Mata kuliah ini dapat mempertimbangkan sejarah dan kebijakan yang memengaruhi kesetaraan gender dalam pendidikan, yang merupakan salah satu target dari SDGs, yaitu mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua wanita dan anak perempuan.

Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan dan pemahaman yang diperlukan bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam perbaikan sistem pendidikan, merumuskan kebijakan yang mendukung pembangunan berkelanjutan, dan mencapai tujuan-tujuan SDGs yang berhubungan dengan pendidikan, ketidaksetaraan, kesehatan, kesetaraan gender, dan aspek lainnya yang penting bagi masyarakat global. Dengan memahami sejarah, kebijakan, dan praktik pendidikan, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam mencapai SDGs. (Dr. L. Hendrowibowo, M.Pd)

SDGS #4 QUALITY EDUCATION
SDGs #5 GENDER EQUALITY

Berita

  • Optimalisasi Resource Menuju SDGs: Pendekatan dan Aplikasi Matematika di Sekolah Dasar
    10/02/2023 - 11:40
  • Mahasiswa UNY Raih Silver Medal dan special award dalam ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2022
    10/07/2022 - 13:49
  • Bangun Karier, Perkuat Kolaborasi: Ajakan untuk Mahasiswa FIP UNY
    08/25/2025 - 10:06
  • PENGEMBANG EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN: MODEL EKSARAM, TEROBOSAN BARU UNTUK SEKOLAH RAMAH ANAK
    12/03/2024 - 20:04
  • Transformasi Pendidikan dalam Mewujudkan SDM yang Unggul Kreatif dan Inovatif Berkelanjutan
    08/14/2023 - 15:39
  • Panduan Penugasan UNY 2025 Diterbitkan untuk Meningkatkan Kualitas Penelitian
    01/30/2025 - 16:50
  • Workshop Pengisian IKU Pemeringkatan Mahasiswa FIP UNY 2022
    03/21/2022 - 08:27
  • Pengembangan Model Kepemimpinan Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Student Well Being di Kabupaten Klaten
    10/16/2023 - 10:55
  • Srawung Pendidikan UNY: Menggali Filosofi Pendidikan untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan
    08/29/2024 - 15:25
  • Memajukan Pariwisata Budaya dan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kerjasama Industri Batik Giriloyo
    10/02/2023 - 11:11

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekultif Mahasiswa FIP
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa
  • UKMF Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan
  • UKMF Penelitian Reality
  • UKMF Music CAMP
  • HIMA Administrasi Pendidikan
  • HIMA Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • HIMA Pendidikan Luar Biasa
  • HIMA Pendidikan Luar Sekolah
  • HIMA Teknologi Pendidikan
  • HIMA Pendidikan Guru PAUD
  • HIMA Pendidikan Guru SD
  • HIMA Kebijakan Pendidikan
  • Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktoral

Bagian Administrasi

  • Koordinator Administrasi
  • Penanggungjawab Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
  • Penganggungjawab Keuangan dan Akuntansi
  • Penanggungjawab Umum, Kepegawaian, dan Barang Milik Negara
  • Perpustakaan FIP UNY
  • Kemdiksaintek
  • PD Dikti

Kontak Kami

  • Alamat : Jalan Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
  • Telp : (0274) 540611
  • Fax : (0274) 540611
  • Email : humas_fip@uny.ac.id,
  • Website: http://fip.uny.ac.id
  • Facebook FIP UNY
  • Instagram FIP UNY
  • Youtube Channel
  • Tiktok

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY